Pages

Saturday, January 4, 2014

Tugas Besar Pertama di Semester Satu

Kemarin, 3 Januari, adalah hari yang mungkin sedikit melegakan untuk saya. Rasanya bisa diibaratkan seperti sembelit tiga hari, dan di hari keempat bisa buang air besar dengan lancar, benar-benar melegakan. Tetapi ini bukan soal sakit perut, melainkan tugas besar. Ya, kemarin saya baru saja mengumpulkan tugas besar mata kuliah Menggambar Bangunan Sipil (MBS). Saya hanya berharap masih bisa mendapat nilai karena saya terlambat sehari dari tanggal pengumpulan yang seharusnya.

Tugas besar MBS adalah menggambar struktur bangunan dari rumah tinggal sederhana. Tugas ini dikerjakan mungkin sekitar tiga hingga empat bulan. Kalau ada mahasiswa yang niat, mungkin bisa selesai hanya sebulan. Di lembar asistensi dikatakan bahwa tugas ini memiliki bobot satu sks, atau 30 persen nilai MBS.

Lalu apa saja yang digambar? Ada site plan, denah, tampak rumah (dari depan, samping, dan belakang), potongan rumah, rencana pondasi dan detailnya, rencana atap, detail kuda-kuda, rencana plafon dan detailnya, rencana titik lampu, rencana saluran air dan detailnya, detail pintu, detail jendela, dan volume sebagian bangunan (ditentukan oleh dosen).

Sampul Tugas Besar MBS

No comments:

Post a Comment