Pages

Monday, June 20, 2016

Ngabuburit di Museum Surabaya

Ngabuburit itu enaknya sambil ngapain ya? Nonton TV, main Assassin's Creed, atau memandang langit yang mengalami transformasi dari biru ke jingga? Supaya ngabuburitmu lebih bermanfaat, coba baca dulu http://bobo.kidnesia.com/Bobo/Info-Bobo/Bobo-File/Apa-Arti-Ngabuburit. Kali ini, aku ngabuburit sambil main ke Musbaya alias Museum Surabaya.

Museum Surabaya terletak di Jalan Tunjungan, menempati bekas Gedung Siola. Akses menuju ke Musbaya cukup mudah karena letaknya di pusat kota. Aku menghabiskan 30 menit perjalanan dari Sukolilo hingga Tunjungan dengan mengendarai motor. Sesampainya di Musbaya, aku mengisi buku tamu yang berada tepat di pintu masuknya.

Pemandangan pertama setelah mengisi buku tamu adalah deretan lukisan dan foto setiap Walikota Surabaya sejak tahun 1916 hingga sekarang. Aku berjalan semakin ke dalam, dan melihat-lihat benda-benda yang menjadi ciri khas atau setidaknya memiliki nilai sejarah bagi Surabaya. Benda-benda yang dimiliki Museum Surabaya cukup banyak, antara lain adalah peta Surabaya, pakaian dinas, buku catatan sipil, foto Surabaya tempo dulu, alat-alat teknik dan kedokteran, perabot peninggalan Belanda, dan masih banyak lagi.

Lukisan dan foto Walikota Surabaya sejak 1916
Seragam dinas berbagai instansi
Perabot peninggalan Belanda
Wayang kulit
Mesin tes beton buatan Jerman tahun 1960

2 comments: