Pages

Thursday, January 5, 2023

Bijak Atur Gaji

Besar pasak daripada tiang, itulah peribahasa yang berarti pengeluaran lebih besar daripada penghasilan. Kemarin kita terima gaji, besoknya kok saldo kita tinggal sedikit, padahal gajian berikutnya masih lama. Ada yang pernah mengalaminya? Sebetulnya ada banyak kiat terkait pengaturan keuangan yang baik, tapi ada satu yang aku konsisten terapkan, yaitu membuat pos biaya.

Banyak konsultan keuangan atau finansial yang membahas pembagian pos biaya di YouTube atau kanal lainnya. Kak Prita pernah sharing terkait pengelolaan gaji bisa dibuat sederhana dengan rasio 5:3:2 masing-masing untuk kebutuhan pokok, ditabung, dan hiburan. Rasio ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau preferensi kita.

Aku pribadi menggunakan pos living, saving, dan playing rasio 3:5:2. Prinsip pos ini sangat luwes ya. Mungkin kalian bisa menambahkan sendiri dengan pos lainnya seperti sosial/sedekah, investasi, cicilan, dan lain-lain. Dan pada akhirnya, pengaturan gaji seperti ini akan memudahkan hidup kita dan membuat kita semakin bijak saat membuat pengeluaran.

No comments:

Post a Comment