Pages

Wednesday, July 24, 2019

Artemis

Judul: Artemis
Penulis: Andy Weir
Penerbit: Penguin Random House LLC
Terbit: 2017


Jasmine Bashara atau Jazz bukan orang kaya atau hebat, hanya orang biasa yang tinggal di Artemis, kota kecil pertama dan satu-satunya di Bulan. Sehari-hari Jazz mencari uang sebagai porter. Ia tinggal di apartemen yang kecil seperti kapsul, dan hanya bisa makan flavored algae. Suatu ketika, kesempatan datang kepada Jazz, dan ia tidak mampu menolaknya. Bayarannya bisa menjadikan Jazz sebagai miliarder. Sudah lama ia menginginkan tempat tinggal dan makanan yang layak, dan akhirnya momen itu akan segera tiba.

Tugas Jazz cukup berat, yaitu melakukan sabotase ke Sanchez Aluminum Smelter. Sanchez Aluminum Smelter adalah satu-satunya smelter yang memproduksi dan menyuplai oksigen ke Artemis. Jazz harus hati-hati karena kesalahan kecil bisa membuat orang-orang di Artemis mati karena kekurangan oksigen. Tidak hanya itu, Jazz harus bertaruh nyawa karena pemilik Sanchez Aluminum Smelter adalah O Palacio, mafia besar dan berbahaya dari Brazil! Jazz terjebak di dalam pusaran perebutan kekuasaan atas Artemis.

Artemis adalah salah satu novel sci-fi yang sangat menarik. Hal yang paling mengesankan dari Artemis adalah banyak melibatkan solusi ilmiah atas permasalahan ilmiah yang rumit dan kompleks. Penulis memiliki latar belakang sebagai engineer, sehingga tidak mengherankan bila di Artemis banyak ditemui masalah sains. Penulis memang mengakui bahwa tidak ada nilai moral tertentu yang dimasukkan ke Artemis, tetapi novel ini tetap menarik untuk dinikmati.

No comments:

Post a Comment