Pages

Monday, June 1, 2020

Daily Driver Laptop: HP Notebook 14-cm0005au

Kali ini aku mau berbagi pengalaman penggunaan laptop sehari-hari. Bagi aku pribadi, laptop sudah jadi kebutuhan primer karena dipakai untuk kerja. Saat tulisan ini dibuat, aku bekerja sebagai drafter di perusahaan jasa konstruksi. Laptop yang aku pakai minimal kuat menjalankan program AutoCAD 2016. Setelah menimbang beberapa produk, aku menjatuhkan pilihan kepada HP Notebook 14-cm0005au.


HP 14-cm0005au dirilis sekitar pertengahan 2018. Harganya saat itu 5,9 juta rupiah. Aku baru bisa beli laptop ini sekitar akhir 2019, dengan harga yang sudah turun menjadi 5,4 juta rupiah. Laptop ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 3 2200U dengan 2 cores, kecepatan base clock 2,5 GHz dan turbo boost 3,4 GHz.


Memory atau RAM bawaan 4 GB DDR4-2400, dan ada tambahan satu slot SODIMM kosong. Satu slot SODIMM ini aku pasang RAM 8 GB, sehingga total RAM menjadi 12 GB. FYI, prosesor AMD seri Ryzen sudah mendukung dual channel memory, sehingga kinerja laptop bisa lebih optimal. Usahakan upgrade memory jika statusnya masih single channel memory. Ukuran memory tidak harus sama, tetapi jenis memory harus sama agar compatible.


Storage bawaan tersedia HDD 1 TB 5400 rpm. Untuk meningkatkan kinerja laptop, HDD ini aku ganti dengan SSD. Laptop ini menyediakan dua slot untuk storage: slot SATA ukuran 2,5" dan slot M.2 SATA. Dua slot storage ini semua aku pasang SSD dengan kapasitas masing-masing 256 GB dan 240 GB. Windows 10 Home pre-installed bisa dipindah dari HDD ke SSD yang baru dengan fitur kloningnya EaseUS Todo Backup. Lalu HDD 1 TB tadi aku manfaatkan sebagai HDD eksternal.

Laptop ini hanya dibekali integrated GPU AMD Radeon Vega 3. Ukuran layarnya 14" dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Webcam resolusi 720p ada di sisi atas layar. Sisi kiri laptop ada slot Kensington, 1 USB 2.0, slot SD card reader, dan lampu indikator power. Sisi kanan laptop ada combo audio jack, 2 USB 3.1, HDMI, RJ-45, dan charging port. Dimensi laptop ini standar, bukan yang paling kecil atau paling tipis, tetapi laptop ini cukup ringan. Beratnya sekitar 1,4 kg, jadi nyaman kalau dibawa kemana-mana.


Sejauh ini, laptop HP 14-cm0005au ini masih bisa diandalkan dalam menangani pekerjaanku sehari-hari. Upgrade beberapa komponen tadi cukup penting, karena meningkatkan kinerja laptop. Untuk keyboard menurutku oke, hanya spacebar kurang nyaman karena bunyinya paling keras saat ditekan. Touchpad juga oke, center to spacebar. Tombol klik kiri dan kanan cukup nyaman dan senyap (tips: double-tap sebagai pengganti tombol klik kanan). Kualitas gambar dan suara biasa saja, bukan yang terbaik tapi sudah cukup oke. Aku pribadi memang lebih mementingkan kinerja laptop yang tinggi, namun masih dalam range budget yang wajar.

Pros: value (price to performance) tinggi, upgradeable, ringan, Windows 10 Home pre-installed
Cons: tidak ada DVD RW drive, spacebar kurang senyap

Spesifikasi HP Notebook 14-cm0005au lebih rinci bisa dilihat di https://store.hp.com/id-en/default/hp-notebook-14-cm0006au-4ld37pa.html (cm0005au, cm0006au, cm0007au, dan cm0008au memiliki spesifikasi yang sama, hanya warna bodinya yang berbeda)

10 comments:

  1. kak, sharing perjalanan cari kerja sampai keterima dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okesiap, kapan2 kalo ada waktu aku bakal sharing hal itu

      Delete
  2. Terima kasih ka atas informasinya, untuk merk ram dan ssd tambahan boleh disebutkan ka ? saya lagi nyari rekomendasi untuk upgrade

    ReplyDelete
  3. gan mau nanya ini ssdnya pake tipe apa yah m.2 atau nvme?

    ReplyDelete
  4. Yang menyebalkan warna layarnya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, laptop ini masi pake layar TN dengan akurasi warna yang rendah

      Delete
  5. Saya penasaran dengan slot SSD di motherboardnya, itu M2 sata atau sudah support NVME?

    ReplyDelete