Pages

Monday, March 11, 2013

Fungsi Command Prompt

Command Prompt (cmd) mungkin program yang jarang sekali dipakai. Padahal bila melihat fungsi dari cmd, cmd memiliki banyak fungsi. Bila mengetik help, akan ada banyak pilihan fungsi yang bisa dijalankan. Namun kali ini yang akan dibahas adalah bagaimana Command Prompt melakukan suatu fungsi yang mungkin akan bermanfaat. Command Prompt bisa mengembalikan file yang hilang dan mengembalikan black screen.

Command Prompt bisa mengembalikan file yang hilang, dengan syarat file yang hilang bukan karena dihapus atau dipindah, melainkan disembunyikan. Suatu file atau folder bisa hilang atau disembunyikan karena perubahan atribut pada file atau folder tersebut. File bisa disembunyikan oleh manusia (sengaja) maupun virus atau malware (tidak sengaja). Namun intinya tetap sama, yakni perubahan atribut. Fungsi Command Prompt yang dapat mengubah atributnya kembali adalah:
attrib -s -h f:*.* /s /d
Penulisan fungsi di atas akan mengubah atribut semua file dan folder dalam drive F. Huruf f bisa diganti dengan lokasi atau drive yang diinginkan, misalnya C, D, E, dan sebagainya. Namun jangan harap semua file atau folder akan tampak, karena beberapa di antaranya ada yang sangat dilindungi oleh sistem agar user tidak mengusiknya.

Yang kedua adalah, Command Prompt bisa mengembalikan layar yang hitam karena windows is not genuine. Bila layar laptop tiba-tiba menjadi hitam dan di pojok kanan bawah terdapat tulisan bahwa windows tidak asli, jangan langsung minta instal ulang, jangan panik, jangan langsung banting laptop (kasihan). Command Prompt bisa mengembalikannya dengan menjalankan fungsi:
slmgr.vbs -rearm
Setelah mengeksekusi perintah tersebut, sistem akan meminta restart. Lakukan saja. Setelah komputer kembali menyala, layar tetap hitam namun tulisan di pojok kanan bawah akan hilang. Layar sekarang sudah bisa diganti dengan gambar lain dan tidak kembali hitam, Insya Allah.

Bagaimana? Mudah kan? Yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi sebuah persoalan. Pahami dahulu masalahnya, barulah membuat solusi yang tepat. Sebenarnya masih banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh Command Prompt. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat, dan tidak disalahgunakan.

(src: internet)

No comments:

Post a Comment