Pages

Tuesday, March 12, 2013

WhatsApp vs LINE, Who's Better?

Pada era sekarang, SMS mulai sedikit bergeser karena adanya teknologi mengirim pesan tanpa membayar biaya SMS. Dasar dari teknologi ini adalah electronic mail (e-mail). Karena perubahan konsep dan penyederhanaan, e-mail bertransformasi menjadi instant messaging. Berbeda dengan SMS, instant messaging menggunakan jaringan internet, sehingga biayanya lebih murah daripada SMS.

Saat ini, messaging app yang menjadi tren adalah WhatsApp dan LINE. Keduanya memiliki hampir ratusan juta users. WhatsApp dikembangkan oleh WhatsApp Inc. Sedangkan LINE merupakan produk NHN Corp. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Melihat dari sisi platform yang didukung, keduanya mendukung Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry OS.

Yang membedakan antara WhatsApp dan LINE adalah WhatsApp tersedia bagi Nokia Symbian dan Nokia S40, namun tidak tersedia versi PC. Sedangkan LINE merupakan kebalikannya, LINE bisa dijalankan lewat PC dengan sistem operasi Microsoft Windows atau Mac OS. Untuk Linux sepertinya masih belum tersedia.

Beranjak ke fitur. WhatsApp dan LINE sama-sama instant messaging, namun LINE memiliki fitur yang lebih dibanding WhatsApp, seperti calling service. Untuk penulisan status, LINE hanya memperbolehkan dua puluh karakter, berbeda dengan WhatsApp. LINE dan WhatsApp sama-sama menggunakan nomor handphone sebagai identitas. Namun WhatsApp hanya mungkin digunakan bila nomor yang dituju ada di kontak handphone. Sedangkan LINE tidak hanya menggunakan nomor handphone, tapi juga ID yang memungkinkan penambahan teman.

Untuk kenyamanan, WhatsApp lebih stabil saat koneksi tidak stabil. Sedangkan LINE lebih mudah memberi notifikasi jika ada masalah dalam jaringan. LINE akan stabil di jaringan 3G, sedangkan WhatsApp bisa digunakan meskipun jaringan EDGE.

Bagi penulis, WhatsApp dan LINE bisa saling melengkapi, karena saat ini penulis menggunakan kedua-duanya. Melihat dari performa, WhatsApp lebih ringan dan cocok dengan jaringan yang angin-anginan (kadang EDGE/GPRS, kadang 3G/HSDPA). Bagi pembaca yang menginginkan warna yang berbeda pada instant messaging, bisa memilih LINE. LINE mempunyai beragam fitur menarik yang tidak akan dijumpai di WhatsApp. WhatsApp vs LINE? Who's better? It's up to you.

No comments:

Post a Comment