Pages

Thursday, February 5, 2015

Koala Kumal

Judul: Koala Kumal
Penulis: Raditya Dika
Penerbit: GagasMedia
Terbit: 2014, cetakan pertama


Koala Kumal adalah buku ketujuh yang ditulis oleh Raditya Dika, setelah Manusia Setengah Salmon. Raditya Dika masih menunjukkan eksistensinya dalam mengubah cerita tentang aktivitas sehari-hari menjadi cerita yang kocak, mengocok perut. Sama seperti buku-buku sebelumnya, cerita yang disajikan selain lucu, juga mampu membuat hati pembacanya tersentuh.

Cerita-cerita dalam Koala Kumal berkisah mengenai patah hati. Bab "Ada Jangwe di Kepalaku" menceritakan tentang persahabatan Dika dengan teman-temannya ketika masih SD. Namun hubungan persahabatan itu rusak hanya karena mainan jangwe. Bab "Lebih Seram dari Jurit Malam" mengisahkan hubungan antara Dika dengan juniornya di PMR, Lina, ketika masih SMP. Semenjak pelantikan PMR, Lina diam-diam jatuh hati kepada Dika. Sayangnya, Dika tidak menyadarinya, dan tidak sengaja membuat Lina patah hati.

Tulisan-tulisan komedi Raditya Dika memang seperti itu. Pembaca mampu dibuatnya tertawa, tersenyum, atau justru sedih. Mungkin dalam beberapa kasus, ada yang sampai menangis sejadi-jadinya karena cerita-cerita dalam Koala Kumal mirip dengan apa yang pernah dialami. Iya, bisa jadi.

No comments:

Post a Comment