Pages

Tuesday, April 9, 2013

H-6 Ujian Nasional

UN masih enam hari lagi. Itu berarti, masih ada 144 jam untuk belajar. Dengan enam mata pelajaran, setiap mata pelajaran memiliki waktu 24 jam untuk dipelajari.

Hari ini ada sumpah pengawas ujian. Jadi, semua pulang pagi. Sekolahku memang jarang memulangkan para siswanya pagi-pagi bila tak ada hal yang cukup penting. Aku baru ingat, temanku ada yang ingin minta bantuan untuk membahas bahan soal ujian nanti. Dia ingin aku datang ke Perpustakaan Kota sepulang sekolah, dan aku menyanggupinya.

Sampai di sana, ternyata anak itu masih belum datang. Aku menunggu, sambil baca-baca buku. Kebetulan saat ini ada obral buku. Setelah hampir sejam, dia datang, dan kita mulai pembahasannya. Yang terjadi saat pembahasan: dia tanya soal, aku mengeja rumus, dan dia menulis dan menghitungnya; dia tanya soal lain, aku menyebutkan langkah-langkahnya, dan dia mengerjakannya; dan seterusnya sampai jam tiga sore. Itu artinya aku bicara hampir selama 2 jam! Seharusnya aku dibayar!

Udara mulai dingin. Aku melihat awan kelabu semakin pekat. Aku memesan segelas kopi panas. Tak lama kemudian, hujan deras segera turun. Aku memutuskan untuk pulang setelah hujan reda. Ternyata, sampai kopiku habis, hujan masih belum berhenti. Terpaksa aku pulang sambil hujan-hujan. Aku pamit kepada temanku, dan aku pulang ke rumah. Tanpa mantel, aku menerjang tirai air yang begitu deras nan lembut.

Hari ini, aku pulang sampai di rumah dengan selamat, dan basah kuyup.

Malam ini, sambil ditemani kemilau bintang, aku tidur berselimut mimpi yang indah.

No comments:

Post a Comment