Pages

Monday, April 8, 2013

H-7 Ujian Nasional

Tak terasa Ujian Nasional kurang seminggu lagi. Waktu seminggu ini tidak boleh disia-siakan. Namun dalam kenyataannya, tidak ada usaha manusia yang memiliki efisiensi seratus persen. Tidak ada. Mungkin waktu seminggu ini, hanya termanfaatkan sebanyak tiga atau empat hari, bergantung dari aktivitas orang tersebut. Mungkin saat ini, yang ada hanyalah manusia yang memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien.

Pada hari sebelumnya, hujan turun semalaman. Aku mengira sekolahku akan banjir. Ternyata esoknya benar-benar terjadi, sekolahku banjir. Padahal sekolah ini telah memiliki kolam untuk penampungan dan resapan air. Nyatanya, debit hujan yang turun, melebihi kapasitas kolam. Tapi banjir tidak berlangsung lama. Siang hari, air sudah mulai surut. Sepertinya, air itu sudah menemukan jalannya.

Sebenarnya, kolam saja tidak membantu mengatasi banjir. Perlu adanya saluran pembuangan untuk air yang berlebih. Di depan sekolah, ada selokan yang cukup besar. Apabila dibuat saluran air yang bercabang dari titik-titik rendah di area sekolah, terutama yang berasal dari kolam, dan dibuat bermuara di selokan besar, maka air yang berlebih bisa diarahkan ke Sungai Brantas.

No comments:

Post a Comment