Pages

Monday, May 6, 2013

Salam Perpisahan

Mengingat acara perpisahan di Insumo Kediri Convention Centre (IKCC) beberapa waktu lalu, membuatku tersadar bahwa manusia pasti akan mengalami perpisahan. Acara perpisahan tersebut cukup meriah, membuat perpisahan menjadi suatu momen yang menyenangkan. Mungkin seandainya acara perpisahan tidak wajib memakai jas, aku akan lebih senang lagi.

Perpisahan sebenarnya tidak menyakitkan, tapi juga tidaklah cukup menyenangkan. Perpisahan juga bisa terjadi dimana saja, kapan saja. Perpisahan dengan orangtua saat kita meninggalkan mereka untuk melanjutkan kuliah/kerja. Perpisahan dengan teman saat kita sudah tamat sekolah. Perpisahan nyawa dan raga saat kita mati.

Saat di IKCC beberapa waktu lalu, aku melihat teman-teman yang berfoto-foto riang gembira, berjabat tangan, dan berpelukan biasa sampai berpelukan sambil meneteskan air mata (bukan dramatisasi). Aku melihat itu semua sebagai sebuah salam perpisahan. Tiba-tiba, seorang temanku datang dan mengajak berjabat tangan. Pada saat tanganku meraih tangannya, pada saat itu pula batinku berbicara, "Sampai jumpa kawan, hari ini kita berpisah. Semoga di kemudian hari, kita bisa berjumpa lagi, tetap sebagai kawan, bukan sebagai lawan. Amin."

2 comments: